Makna Sholat Dhuha, Fadhilah Sholat Dhuha, Keutamaan Sholat Dhuha, Hikmah Sholat Dhuha, Waktu Sholat Dhuha, Jumlah Rakaat Dhuha, Tata Cara Sholat Dhuha, Doa Sholat Dhuha

DUIT...Dhuha, Usaha, Ikhlas dan Tawakal

DUIT, sebuah kata yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Duit sangat diburu dari pagi hingga sore hari, bahkan sampai pagi lagi.  Banyak yang mati-matian cari duit tapi lupa dengan DUIT...Dhuha, Usaha, Ikhlas dan Tawakal.

Dhuha
Sholat Dhuha lekat dengan ibadah/ritual pembuka untuk menjemput rezeki. Melalui peneguhan hati akan keagungan Allah, kita bermunajat agar dimudahkan, disucikan, diluaskan dan dibarakahi rezekinya, sebagaimana yang disuratkan dalam doa sesudah sholat Dhuha.

Usaha
Selain Dhuha/Doa, yang tak kalah pentingnya adalah usaha. Barang siapa yang berusaha maka ia akan mendapatkan hasilnya. Ini adalah sunnatullah. Dalam sebuah hadits ditegaskan bahwa Allah SWT akan memberikan dunia kepada orang yang dicintai-Nya dan yang tidak dicintai-Nya, tetapi agama hanya dibrikan kepada orang yang dicintai-Nya (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Hakim).

Ikhlas
Usaha yang dikerjakan dengan ikhlas akan terasa lebih ringan. Lain halnya usaha yang dilaksanakan dengan keterpaksaan. Oleh karena itu, usaha yang dilandasi dengan keikhlasan sangat diutamakan. Alangkah baiknya melakukan usaha sesuai dengan bidang yang kita sukai dan kuasai. Usaha apa pun bila kita menyukainya akan terasa ringan.

Tawakal
Dengan tawakal, seseorang akan diberikan rezeki yang cukup oleh Allah SWT. Usaha apa pun yang kita lakukan hendaknya diserahkan hasilnya hanya kepada Allah.“Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. Ath-Thalaq: 3).

Rasulullah juga bersabda, " Seandainya kamu bertawakal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakal, niscaya kamu diberi rezeki seperti burung diberi rezeki; ia pagi hari lapar dan petang hari telah kenyang." (HR Ahmad, Tirmizdi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Hakim dari Umar bin Khattab RA).

Rezeki adalah hak semua orang dan kemiskinan mendekati kekufuran, maka ibadah dan usaha adalah jawabannya. Dengan mengenal keutamaan dan keajaiban shalat dhuha, semoga kita akan lebih tergerak untuk istqomah merawat shalat sunah ini. Aamiin...
Ad: Main Facebook dan Twitter Dapat Uang, Pulsa, Sekaligus Sedekah. Caranya..? Silahkan KLIK DI SINI 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : DUIT...Dhuha, Usaha, Ikhlas dan Tawakal

0 comments:

Post a Comment

Mutiara Hikmah

"Dalam tubuh manusia itu ada 360 ruas tulang. Ia harus disedekahkan untuk setiap ruas itu." Para shahabat bertanya, "Siapa yang kuat melaksanakan itu, ya Rasulullah? Beliau menjawab, "Dahak yang di masjid itu lalu ditutupinya dengan tanah, atau menyingkirkan sesuatu gangguan dari tengah jalan itu berarti sedekah. Atau, sekiranya tidak dapat melakukan itu, cukuplah diganti dengan mengerjakan dua rakaat shalat dhuha." (HR. Ahmad dan Abu Daud)