Sholat-Dhuha.Info. Powered by Blogger.
RSS

Kayakan Dirimu Sekaya-Kayanya Dengan Surah Al Waaqi'ah

 sholat-dhuha.info Jakarta-- “Surat al-Waaqi’ah adalah surat kekayaan, maka bacalah dan ajarkanlah ia pada anak-anakmu.” (HR. Ibnu ‘Asakir).

Meraih limpahan kekayaan dengan cara mengamalkan surat al-Waaqi’ah bukanlah hanya isapan jempol belaka. Sudah banyak orang yang membuktikannya. Namun, bagaimana sebetulnya cara yang benar dalam mengamalkan surat al-Waaqi’ah ini hingga jika amalan tersebut dilakukan maka limpahan harta akan mengiringi setiap langkah kita?

Kisah Sukses Pengamal Surah Al Waaqi'ah Penolak Kemiskinan

Pada posting kali ini saya akan menampilkan kisah menarik yang bisa dijadikan sebagai teladan bagi siapa saja yang mau meyakininya. Pada tahun 1999, di mana pada saat itu taraf ekonomi bangsa masih mengalami krisis, sehingga banyak di antara mereka menjadi pengangguran, dan mencari pekerjaan juga bukan perkara mudah.

Kesulitan tersebut bukan hanya dirasa bagi mereka yang sulit dalam mencari pekerjaan, tetapi bagi para pengusaha, termasuk bagi seorang pengusaha kayu yang dikisahkan di sini. Saya mohon maaf apabila pengusaha tersebut tidak mau disebutkan namanya.

Setelah beberapa tahun mengalami kejayaan, satu tahun kemudian nasib berbalik menjadi kehancuran dalam bisnisnya. Hal itu disebabkan, karena kayu yang dikirim ke pabrik selalu mengalami perubahan sleet (ukuran diameter).

Fadhilah Surah Al-Waaqi'ah

Pada posting sebelumnya telah dibahas Al Waaqi'ah Surah Kekayaan dan Asbabun Nuzul Surah Al Waaqi'ah. Pada posting kali ini saya akan mengajak Anda untuk memahami keistimewaan, keutamaan, sekaligus kelebihan yang ada dalam Surat al-Waaqi'ah.

Adapun pembahasan al Waaqi’ah di sini, tentu tidak bermaksud mengenyampingkan surat-surat lain dalam al-Qur'an yang juga mempunyai banyak keistimewaan, fadhilah, juga keutamaannya.

Tetapi, karena yang akan saya kaji fokus utamanya adalah Surah al-Waaqi'ah, maka pada ruang pembahasan kali ini saya akan mencoba menelusuri keutamaan dan fadhilah yang terkait dengan ayat-ayat dalam Surat al Waaqi'ah.

Asbabun Nuzul Surah Al Waaqi'ah

Asbabun nuzul adalah sebab-sebab turunnya al-Qur'an; atau suatu peristiwa yang menggambarkan tentang sejarah turunnya al-Qur'an sesuai dengan situasi saat itu. Juga menetapkan hal ihwal kejadian-kejadian yang berlaku sekarang dan untuk masa yang akan datang.
Dalam hal ini, Ibnu Taimiyah berpendapat, "Bahwa mengetahui asbabun nuzul suatu ayat al-Qur'an dapat membantu kita memahami pesan-pesan yang dikandung dalam ayat-ayat al-Qur'an. Pengetahuan ihwal asbabun nuzul suatu ayat memberikan dasar yang kokoh dalam menyelami kandungan ayat tersebut."

Pandangan ini disadari oleh kaum muslimin yang ingin memahami pesan-pesan yang dikandung pada setiap ayat dalam al-Qur'an agar memahami betul tentang tempat, peristiwa, kisah-kisah, juga tujuan diturunkannya ayat-ayat al-Qur'an agar tidak mengalami keraguan dalam menafsirkan.

Al Waaqi'ah Surah Kekayaan?


Rasulullah Saw. sebagai penyebar agama Islam dan pembawa petunjuk Tuhan adalah penafsir excellence dari al-Qur'an. Ucapan dan perbuatannya adalah sumber tradisi terpenting dalam Islam sesudah al-Qur'an.

Dengan begitu, al-Qur'an menduduki peringkat yang kedua-sesudah Tuhan-dari segala sumber dan petunjuk yang diwahyukan kepada Nabi. Dari peringkat kedudukan sesudah Tuhan inilah yang menjadikan al-Qur'an sebagai pedoman sekaligus kerangka kegiatan intelektual dalam gerakan Islam untuk menghapus kebodohan, kezhaliman, kesesatan, dan sebaliknya memberi petunjuk pada setiap hamba ke jalan yang diridhai-Nya, termasuk di dalamnya juga memberikan petunjuk esoteris (arti batin al-Qur'an) bagi orang yang ingin mencapai tujuan-tujuan tertentu.